Thursday, June 25, 2015

JAJANAN BANDUNG

Blogger yang sedang mampir ke blog cafe kita, pernah ga sih kalian mencoba makanan jajanan khas Bandung yang engga ada duanya? Nah, kalau belum kalian harus banget datang ke cafe kita ya, di jamin semua jajanan Bandung yang kalian mau pasti ada! Kita liat beberapa jajanan Bandung dari banyaknya jajanan kuliner Bandung ini ya. Check this out guys!


  • Seblak
Well, siapa sih yang ga tau seblak? Salah satu jajanan terenak di Bandung yang di gemari semua kalangan ini sangat terkenal seantero Bandung, udah pernah nyoba kan? Duh, ga gaul banget kalau kalian tinggal atau warga Bandung tapi belum pernah nyoba jajanan Bandung yang enak banget ini! Dan sekang ini banyak banget variasi dari seblak Bandung, ada seblak kerupuk biasa, ada seblak siomay, seblak makaroni, seblak ceker, seblak tulang, seblak sosis dan masih banyak seblak-seblak lainnya! If you have not taste itu, you guys should have to taste it! Seblak is one of the best!




  • Cireng
Selanjutnya adalah cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji (aci) yang digorerng. Cireng sekarang ini banyak diisi dengan bahan lain seperti ayam, barbeque, baso keju atau sosis, dan lainnya, dan dinamakan dengan cireng isi.  Cireng juga rasanya ga ngalahin seblak kok, kalian harus mencoba! Selain cireng, olahan dari aci lainnya yang banyak dijual di Kota Bandung adalah cilok (aci dicolok).



  • Combro
Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk lonjong  membulat dan diisi dengan sambal oncom lalu digoreng. Karena diisi oncom itulah maka makanan ini diberi nama comro. Comro merupakan kependekan dari oncom di jero (di dalam). Combro ini di lebih banyak di gemari oleh orang dewasa dominannya.




  • Misro
Misro merupakan saudara dari Comro. Misro merupakan kependekan dari amis (manis) di jero (di dalam). Misro terbuat juga dari parutan singkong disi gula merah yang kemudian digoreng. Untuk yang ga terlalu suka asin kalian bisa nih coba misro, karena dia manis rasanya.




  • Cendol
Jajanan ringan selanjutnya adalah cendol. Cendol merupakan minuman manis khas Sunda. Minuman ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah cair, es batu atau serut, serta santan. Minuman ini berasa manis dan gurih. Minuman ini mirip dengan dawet di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cendol yang dibuat dari tepung beras ini biasanya diberi warna hijau. Warna ini dibuat dari pewarna alami yang seringkali adalah daun pandan. Cendol bakal seger banget kalau di kasih es dan di santap di siang hari yang terik guys! Enak dan seger deh pokonya!



  • Surabi
Surabi merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan dibakar sehingga menyerupai pancake. Surabi di Bandung biasa diisi dengan berbagai bahan seperti buah-buahan, oncom, hingga sosis. Surabi bisa disajikan dengan topping yang manis. Surabi Bandung yang ada nuansa rasa asin ini sedikit berbeda dengan surabi Jawa Tengah yang biasanya berasa manis.Nah, surabi juga udah mirip kaya seblak nih, rasanya sekarang bervariasi ga asin atau manis biasa, banyak rasanya kaya nano-nano gitu guys! Surabi modern ada yang di sajikan dengan topping es-krim, sirup dan lainnya





Yes, segitu dulu ya pengenalan jajanan khas Bandung yang sangat di nikmati warga Bandung ini, nanti kita lanjut lagi para bloggers, don't forget to visit our cafe hits bandung! Dimana semua makanan khas bandung baik tradisional maupun modern di sajikan di sana, see you there!



Written by Rahma Maulani (10080014138)












No comments:

Post a Comment